21.10.08

FILOSOFI LARI

Kata lari yang dikenal sehari-hari maupun dalam konteks kegiatan tertentu memiliki dua arti kata. Yang pertama arti fisik yang menyangkut badan dan gerakan, sedangkan arti yang kedua yaitu secara psikis/pikiran. Arti secara luas dapat berpindah dari sesuatu secara cepat atau bergerak dari diam dengan cepat atau melangkah dari tempat sebelumnya atau menghindar dari sesuatu. Misalnya lari dari kenyataan, pelarian, kawin lari. Arti yang lainnya membawa pikiran ke sesuatu tempat tertentu. Lokasi pikiran yang menjadi tujuan tertentu tergantung dari si pembawa pikiran tersebut, dapat menyatakan tempat yang baik, buruk, indah, kacau, ke suatu arah tertentu, secara cepat, lama. Dari lokasi pikiran tersebut si pembawa dapat menterjemahkan ke fisik nyata yang berupa fisik/gerak atau hanya didiamkan saja tetap dalam pikirannya.

Demikian juga dengan olah raga lari (running) yang bermula dari pikiran untuk bergerak dari diam ke arah suatu tempat yang diaplikasikan dengan menggerakkan raga/badan menggunakan kaki secara cepat. Lari secara fisik banyak yang mengartikan hanya badaniah, namun pelari-pelari dunia menjadikan lari sebagai pemahaman yang berbeda-beda. Tengok saja runner’s world seperti Samuel Kamau Wanjiru (kenya) marathon, Kenenisa Bakele (Ethiopia) middle distance, Hicham El Guerrouj (Marocco) middle distance, Qu YunXia (China) middle distance, Usain Bolt (Jamaica) sprinter, Ben Johnson (Canada) sprinter, Carl Louis (USA) sprinter, Florence Griffith Joyner (USA) sprinter, kata lari dijadikan sebagai moto hidup dalam pikirannya sampai dapat meraih gelar juara dunia. Tercepat… terkuat… adalah kata utama yang ada dibenak pelari dunia pada saat championship event namun dalam kehidupannya kata lain yang ada di pikiran yang menjadi pendorong dan pendukung adalah disiplin, kuat, kontinyu, tidak mudah goyah. Sehingga dalam kehidupannya tidak tertinggal oleh pemikiran aktifitas lainnya. Dengan adanya pikiran yang muncul dibenak lari… berlarilah… dan terus berlari… menjadikan fisik untuk terpacu memunculkan lari dalam benak. Jadikan hal itu moto hidup yang senantiasa ada dalam positif thinking kehidupan anda. Setelah itu menjadikan pikiran ke arah bergerak atau gerakan fisik sebagai olah raga/badan untuk mengaktualisasikan diri.

Aktualisasi diri olah raga lari masing-masing personal berbeda-beda, tergantung apa yang akan ditujunya. Jangan tanya aktualisasi lari pada atlet, jawaban yang diperoleh pasti adalah “untuk kejayaan”… “menjadi juara”… “menjadi yang tercepat”… “menjadi yang terkuat”. Tetapi hal itu bila ditanyakan pada pelari sejati yang terkenal maupun tidak terkenal, jawaban yang diperoleh dapat berbeda-beda seperti “untuk kesehatan”, “untuk umur yang panjang”, “agar hidup lebih dinamis”, ”fit maintain”, “my soul” karena pelari sejati tidak ingin dikenal dan lari hanya untuk dirinya. Kita bisa mengkloning aktualisasi lari seperti atlet dunia untuk meraih prestasi yang diinginkan, sedangkan kloning lari seperti pelari sejati menjadikan hidup lebih hidup. Dalam kitab-kitab suci agama-agama juga memberikan tuntunan untuk hidup sehat, adapun salah satu caranya dengan berolah raga. Secara keseluruhan dapat diketahui, ternyata berawal dari pikiran yang terobsesi yang dituangkan dengan semangat kedalam jenis kegiatan fisik olah raga lari secara kontinyu memiliki manfaat yang sangat besar dalam tujuan manusia untuk bisa hidup lebih lama dan bermakna.

5 komentar:

SUROSO TENABANG mengatakan...

Wah, tambah lagu nih pengetahuan tentang lari....ya lari, tapi masih males eh Tjan...

Bagus artikelnya..semoga sukses.

mr.tj mengatakan...

o..iya mas suroso.. hitung2 untuk amal bagi sesama.

Sus Nadi mengatakan...

Salam Olahraga...
posting yg bagus untuk belajar mapel penjasorkes. Lanjutin nulis dong Bang agar dunia olahraga di negara ini semakin maju. kunjungi juga blog guru penjasorkes buat share materi penjasorkes lainnya

Sus Nadi mengatakan...

Buat Teman Bloger atau guru olahraga yang ingin share materi penjasorkes silahkan kunjungi Blog Guru Penjasorkes, semoga bermanfaat.

Anonim mengatakan...

How to Make Money on Slot Machines | How to Make Money on
When you play slot machines online, it comes down to having the best value. The game หาเงินออนไลน์ offers plenty of games to play, but also a great mix of bonuses. Slot machines are